Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Baru

Dalam sebuah lembaga pendidikan, keberadaan sarana dan prasarana mutlak diperlukan. Tanpa sarana dan prasarana yang memadai, mustahil sebuah lembaga dapat menjalankan aktifitasnya dengan baik. Beberapa sarana dan prasarana vital yang harus dimiliki sebuah lembaga pendidikan misalnya; barang inventaris, ruang kelas, ruang pengajar, ruang kantor, dan gedung pertemuan.

Mengingat pentingnya fasilitas tersebut, STKIP PGRI Ponorogo pada tahun ini mulai menambah fasilitas gedung baru. Sejumlah ruang yang akan dibangun mulai bulan Agustus 2017 tersebut ditargetkan rampung pada medio Desember 2017. Menurut Ketua STKIP PGRI Ponorogo, Dr. Kasnadi, M.Pd., pembangunan gedung baru tersebut nantinya akan difungsikan sebagai ruang kelas dan ruang kantor.

Hal ini telah sesuai dengan rencana strategis (Renstra) STKIP PGRI Ponorogo tahun 2015-2019. Dalam Renstra tersebut, penambahan ruang kelas dan perkantoran baru menjadi salah satu prioritas.

Kegiatan pembanguanan gedung baru tersebut diawali dengan peletakan batu pertama oleh Ketua Yayasan PPLP-PT PGRI Ponorogo, Drs. Dolar Yuwono, M.Pd pada hari Sabtu, 18 Agustus 2017. Sebelum batu pertama diletakkan, kegiatan diawali dengan rangkaian sholat hajat dan selamatan (tasyakuran) yang melibatkan segenap civitas akademika. Hal tersebut dilaksanakan dengan maksud agar hajat pembangunan gedung dapat berjalan dengan lancar dan selesai tepat waktu. “Dengan sholat hajat dan selamatan ini kita berharap agar pembangunan gedung lancar, aman, tepat waktu, dan berkah untuk semua” ujar Drs. Dolar Yuwono, M.Pd.

Lebih jauh, gedung baru tersebut nantinya akan terdiri dari 2 lantai, terbagi dalam 3 ruang di tiap lantainya. “Gedung dibangun dengan mengusung konsep modern namun ramah lingkungan”, ujar ketua pelaksana, Syamsudin Rois, M.Pd. Konsep ruang akan dibuat se-ideal mungkin agar penggunaan listrik dapat diminimalkan, yakni dengan mengatur pencahayaan serta ventilasi yang cukup.

Dengan dimulainya pembangunan gedung baru tersebut, sarana dan prasarana di STKIP PGRI Ponorogo semakin lengkap. Kampus yang berjargon sebagai “Kampus Literasi” tersebut semakin meneguhkan eksistensinya sebagai kampus yang telah dipercaya masyarakat. Saat ini, kampus tersebut memiliki 4 prodi unggulan, yakni Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan bahasa Inggris, Pendidikan Guru Anak Usia Dini, dan Pendidikan Bahasa Jawa.

By: Adip Arifin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *