Workshop on Improving English Teaching Proficiency

Prodi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP PGRI Ponorogo kembali menghadirkan native speaker dalam kegiatan workshop. Acara yang dikemas dalam bentuk “Workshop on improving English language proficiency: From theory to practice” dilaksanakan pada hari Kamis, 10 Agustus 2017, bertempat di Graha Saraswati STKIP PGRI Ponorogo. Kali ini, native speaker yang dihadirkan adalah Andrew Wilson, M.Ed., seorang praktisi pendidikan dari Inggris. Dengan pengalaman sebagai praktisi pendidikan lebih dari 25 tahun, Andrew Wilson memandu jalannya workshop dengan penuh semangat dan totalitas.

Selama sesi, pria yang menyelesaikan program master di Open University of UK pada tahun 2010 ini betul-betul melibatkan peserta untuk aktif berpartisipasi. Tampak beberapa kali peserta workshop diajak bekerja mandiri maupun grup untuk meningkatkan pemahaman atas materi yang diberikan. Peserta yang berasal dari kalangan guru, instruktur, alumni, mahasiswa, dan praktisi pendidikan tersebut nampak antusias dan semangat untuk melibatkan diri. Workshop ini juga menjadi ajang kolaborasi antara dosen-dosen Pendidikan Bahasa Inggris dengan narasumber. Selama sesi, dosen dan narasumber utama silih berganti memandu jalannya acara.

 

Menurut Kaprodi PBI, Ratri Harida, M.Pd., acara ini merupakan bentuk riil dari implementasi darma ketiga dari Tridarma perguruan tinggi, yakni pengabdian kepada masyarakat. Sehingga, dalam kegiatan ini peserta tidak dipungut biaya. Lebih lanjut, beliau menyampaikan bahwa kegiatan semacam ini akan terus dilaksanakan secara berkelanjutan. Hal ini diperlukan dalam rangka pengembangan dan peningkatan kualatas pembelajaran, terutama Bahasa Inggris.

Pada kesempatan tersebut, beberapa peserta juga sempat dimintai tanggapan atas jalannya acara. Siti Zulaihah, salah satu peserta mengatakan bahwa kegiatan semacam ini sangat membantu pekerjaannya sebagai instruktur bahasa pada lembaga kursus yang dibinanya. Ia pun berharap agar program seperti ini dapat dilaksanakan secara rutin dan keberlanjutan.

By: Adip Arifin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *