KKN-T Desa Bakalan Gelar Seminar Pemasaran Digital Dorong UMKM Lokal.

Bakalan, 20 Februari 2025 – Suasana aula Desa Bakalan bersemangat pada Kamis (20/2) pagi. Para pelaku UMKM desa berkumpul untuk mengikuti seminar bertajuk “Meningkatkan Daya Saing UMKM Melalui Strategi Pemasaran TikTok”. Seminar ini diselenggarakan oleh mahasiswa KKN-T yang ingin mendorong UMKM di desa Bakalan untuk melebarkan sayap ke dunia digital melalui platform tik tok.
“Tak ada kata terlambat dan semua tergantung pada niatnya“ tutur Rila dalam seminarnya untuk memotivasi para peserta seminar yang baru saja mengenal pemasaran melalui aplikasi tik-tok atupun disebut dengan avilet.
Tak hanya teori, para peserta langsung diajarkan cara praktis menggunakan TikTok untuk berjualan. Antusiasme peserta sangat terlihat, bahkan beberapa dari mereka bersemangat meminta bimbingan langsung dari pemateri. Seminar ini diikuti oleh perwakilan PKK dan para pelaku UMKM Desa Bakalan.
Dalam sambutannya, Pak Arif, selaku Seketaris Desa mengingatkan bahwa dunia digital memiliki dua sisi. “Segala sesuatu terdapat kelebihan serta kekurangannya, termasuk juga dalam digital marketing sosial. Jangan sampai terbalik, kita harus memanfaatkan dunia media sosial dengan baik. Harusnya memberi imbal baik dan juga menguntungkan bagi kita, bukan malah merugikan kita,” tegas Pak Arif.
Seminar ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan keterampilan baru bagi para pelaku UMKM Desa Bakalan dalam meningkatkan daya saing bisnis mereka di era digital. Dengan memanfaatkan TikTok secara maksimal, diharapkan UMKM Desa Bakalan dapat menjangkau pasar yang lebih luas dan meningkatkan pendapatan mereka.
Tak luput Ilyas sebagai ketua pelaksana menyampaikan ucapan terima kasih kepada para peserta yang sudah mau menyempatkan hadir dalam acara seminar. Terutama pada kak Rila Shofia yang sudah senang hati membagi ilmunya pada kita semua, dan bahkan kak Rila bersenang hati membagi semua materi yang ada jika kalau ibu-ibu berminat.